You are here
Kurikulum S3
Primary tabs
Program Studi Manajemen Pendidikan S3
a. Visi
Tahun 2025 menjadi program studi yang menjadi pusat unggulan yang mampu menghasilkan pengembang ilmu Manajemen Pendidikan atau pengelola lembaga pendidikan yang profesional, bertaqwa, mandiri dan cendekia.
b. Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional dalam bidang manajemen pendidikan;
- Melakukan penelitian, pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen pendidikan untuk mendukung atau sebagai basis penerapan program-program akademik dan profesional;
- Melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya implementasi hasil penelitian;
- Mengembangkan teori, konsep dan teknologi dalam bidang manajemen pendidikan;
- Mendidik calon-calon doktor yang mampu menyusun program pengembangan, penelitian dan penerapan ilmu manajemen pendidikan; dan
- Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai instansi terkait dalam rangka pengembangan dan penerapan ilmu manajemen pendidikan.
c. Profil Lulusan
Pengembang Tatakelola Pendidikan yang berkarakter unggul.
d. Capaian Pembelajaran
1) Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas sebagai profesional tata kelola pendidikan.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
- Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
- Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
2) Pengetahuan
- Mampu mengembangkan pengetahuan dan kiat-kiat manajemen pendidikan berbasis kearifan lokal.
- mampu mengembangkan teknologi dan seni dalam bidang manajemen pendidikan.
- mampu mengembangkan praktik profesional manajemen pendidikan.
- memiliki kemampuan menganalisis dan menyelesaikan permasalahan manajemen pendidikan dengan menggunakan berbagai teori yang relevan.
- mampu mengelola penelitian dan pengembangan manajemen pendidikan yang diakui secara nasional maupun internasional.
3) Keterampilan Umum
- memiliki kemampuan mengelola lembaga pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
- memiliki kemampuan melaksanakan evaluasi program pendidikan.
- mampu memberikan jasa keahlian atau konsultansi pengelolaan pendidikan pada taraf nasional maupun internasional.
4) Keterampilan Khusus
Memiliki kemampuan kewirausahaan di bidang manajemen pendidikan.
e. Struktur Kurikulum
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SEMESTER DAN SKS |
Juml SKS |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
||||||||||
I. MATA KULIAH PONDASI KEILMUAN |
|
|
|
|
7 |
||||||||
1. |
PAS9201 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
|
|
|
|||||||
2. |
PAS9302 |
Metodologi Penelitian Pendidikan (MP 03) |
3 |
|
|
|
|||||||
3. |
PAS 9203 |
Statitik Muli Variat (patah analysis dan SEM) |
2 |
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
Jumlah |
5 |
|
|
|
||||||||
II. MATA KULIAH KEAHLIAN |
|
|
|
|
39 |
||||||||
4. |
DMP 9301 |
Tata Kelola Pendidikan |
3 |
|
|
|
|||||||
5. |
DMP 9309 |
Penulisan Artikel Jurnal |
3 |
|
|
|
|||||||
6. |
DMP 9303 |
Isu-isu Kontemporer Manajemen Pendidikan |
3 |
|
|
|
|||||||
7. |
DMP 9304 |
Ekonomi Pendidikan |
|
3 |
|
|
|||||||
8. |
DMP 9305 |
Pengambilan Keputusan Strategis |
|
|
3 |
|
|||||||
9. |
DMP 9307 |
Analisis Kebijakan Pendidikan |
|
|
3 |
|
|||||||
10. |
DMP 9308 |
Pengembangan Manajemen Pendidikan |
|
3 |
|
|
|||||||
11. |
DMP 9115 |
Penulisan Proposal Disertasi |
|
2 |
|
|
|||||||
12. |
DMP 9316 |
Seminar Proposal Disertasi |
|
|
3 |
|
|||||||
13. |
DMP 91209 |
Disertasi |
|
|
|
12 |
|||||||
Jumlah SKS Mata Kuliah Prodi |
9 |
8 |
9 |
12 |
|||||||||
II. MATA KULIAH KONSENTRASI |
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
DMP 9309 |
Kepemimpinan Strategis |
|
|
3 |
|
6 |
||||||
|
DMP 9310 |
Politik Pendidikan |
|
3 |
|
|
|||||||
Jumlah SKS Mata Kuliah Konsentrasi |
|
3 |
3 |
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
DMP 9311 |
Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal |
|
|
3 |
|
6 |
||||||
|
DMP 9312 |
Sistem Informasi Penjaminan Mutu Pendidikan |
|
3 |
|
|
|||||||
Jumlah SKS Mata Kuliah Konsentrasi |
|
3 |
3 |
|
|||||||||
II. MATA KULIAH PILIHAN*) |
|
|
|
|
|
||||||||
17. |
DMP 9313 |
Pengembangan Perilaku dan Etika Manajemen Pendidikan |
|
3 |
|
|
15 |
||||||
18. |
DMP 9314 |
Kewirausahaan dalam Pendidikan |
|
3 |
|
|
|||||||
19. |
DMP 9315 |
Perbandingan Manajemen Pendidikan |
|
3 |
|
|
|||||||
20. |
DMP 9316 |
Studi Mandiri Bidang Manajemen Pendidikan |
|
|
3 |
|
|||||||
21. |
DMP 9317 |
Manajemen Pendidikan Tinggi |
|
|
3 |
|
|||||||
Jumlah Pilihan |
|
9 |
6 |
|
|||||||||
Jumlah Total Mata Kuliah |
14 |
23 |
21 |
12 |
|
||||||||
III. MATA KULIAH MATRIKULASI**) |
SEMESTER DAN SKS |
Jumlah SKS |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
||||||||||
1. |
PAP 8201 |
Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan |
2 |
|
|
|
12 |
||||||
2. |
MAP 8305 |
Kepemimpinan Pendidikan |
|
|
3 |
|
|||||||
3. |
MAP 8207 |
Teori dan Proses Kebijakan Pendidikan |
3 |
|
|
|
|||||||
4. |
MAP 8201 |
Perencanaan & Pembiayaan Pendidikan |
|
2 |
|
|
|||||||
5. |
MAP 8208 |
Manajemen Mutu Terpadu (TQM) |
|
2 |
|
|
|||||||
|
|
Jumlah Pilihan |
5 |
4 |
3 |
0 |
|||||||
.
PERPUSTAKAAN
KONTAK KAMI
PROGRAM PASCASARJANA
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office)
Fax. +62274-520326
Website : http://pps.uny.ac.id
Email: pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id
Copyright © 2023,