PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI SD MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN

Bertempat di SD Muhammadiyah Noyokerten Berbah, tepatnya pada tanggal 5 April 2019 mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan (MP) UNY Angkatan 2018 mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik “Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kegiatan tersebut dihadiri kepala sekolah dalam lingkungan Muhammadiyah wilayah Sleman bagian timur yang berjumlah 17 orang.

Materi diskusi disampaikan oleh beberapa perwakilan dari rombongan mahasiswa S3 MP UNY Angkatan 2018. Junaidin yang mendapat giliran pertama dalam paparannya menyampaikan materi dan praktik SPMI sekolah yang mengkhususkan pada pembahasan tentang pemetaan mutu, perencanaan, dan pelaksanaan pemenuhan mutu. Dalam sesi praktik, dilakukan dengan membaca rapor mutu.

Perwakilan kedua, Chen Tao memberikan gambaran sekilas tentang komparasi antara mutu pendidikan di Indonesia dan China. Dalam paparannya Chen Tao mengatakan bahwa apa yang sudah dilakukan khususnya dalam ranah pendidikan di Indonesia tidak jauh berbeda dengan China, tinggal memperbaiki kualitas implementasi melalui optimalisasi pihak internal dan eksternal sekolah.

Sementara itu, Teguh sebagai perwakilan terakhir dari rombongan mahasiswa S3 MP UNY Angkatan 2018 memberikan pandangannya tentang pentingnya aspek psikologis dan sosial budaya untuk mendukung suksesnya SPMI. Aspek-aspek tersebut menjadi prasyarat penting untuk mendorong sekolah mencapai tujuan pendidikan.

Peserta sangat antusias dengan kegiatan tersebut, bahkan direncanakan kegiatan lanjutan akan dilaksanakan dengan skala lebih luas dengan menghadirkan lebih banyak lagi kepala sekolah yang berada di Kabupaten Sleman. Selama kegiatan berlangsung, pertanyaan-pertanyaan peserta mengalir dan membuat diskusi semakin hangat.

Pada akhir acara, kepala sekolah SD Muhammadiyah Noyokerten, sekaligus ketua K3S Kabupaten Sleman Yudi Wardhana mengucapkan terimakasih kepada rombongan mahasiswa S3 MP UNY Angkatan 2018 atas kunjungan dan sharing ilmunya. Selain itu juga berharap kegiatan semacam ini dapat secara rutin dilaksanakan untuk perbaikan mutu pendidikan. (Sugeng, Teguh, & Junaidin).