MONITORING DAN EVALUASI PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA

Sebagai bentuk perhatian dari Prodi Manajemen Pendidikan (S2 dan S3) UNY terhadap mahasiswa, pada tanggal 29 April 2019 pihak Prodi mengadakan “Monitoring dan Evaluasi Studi Mahasiswa Program S3 dan S2 Prodi Manajemen Pendidikan Angkatan 2011-2017”. Tujuan dari acara tersebut adalah memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa untuk segera menyelesaikan studi dengan penuh semangat sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan studinya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Prodi MP (S2 dan S3) Manajemen Pendidikan Dr. Lantip Diat Prasojo yang mewakili pihak Prodi menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa memberikan motivasi kepada mahasiswa dan selalu terbuka memberikan layanan kepada mahasiswa termasuk dalam memberikan berbagai solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya.

 

Beberapa permasalahan yang dihadapi mahasiswa disampaikan dalam acara tersebut, salah satunya berkaitan dengan penulisan artikel jurnal yang menjadi syarat kelulusan. Terkait dengan hal tersebut, Dr. Lantip Diat Prasojo menyampaikan bahwa dalam menyelesaikan artikel jurnal yang utama harus dilakukan adalah dengan memulai menulis dari sekarang, jangan menunda waktu untuk menulis. Sementara itu, berdasarkan pantauan reporter kepada beberapa peserta menyebutkan bahwa sebagian besar kendala ada pada saat penyelesaian tugas akhir (tesis atau disertasi) dengan berbagai persoalan yang berbeda-beda antar mahasiswa.

 

Dr. Lantip Diat Prasojo dalam penutupannya mengingatkan kembali kepada seluruh mahasiswa untuk menjaga semangat dan meyakini bahwa kendala apa pun yang dihadapi mahasiswa selalu ada solusinya dan pihak Prodi senantiasa terbuka dalam membantu para mahasiswa dalam menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapinya untuk menyelesaikan studinya (Sugeng, 2019).