Dari Atlas.TI Hingga Menemukan Model Manajemen Kerja Sama SMK Dengan Dunia Kerja Yang Saling Menguntungkan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) termasuk jenjang pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk memiliki kompetensi yang diperlukan dunia kerja yang cepat berubah dan berkembang. Ironisnya, data statistik pada Pengangguran Terbuka Indonesia 2017 menunjukkan bahwa lulusan SMK justru menjadi penyumbang pengangguran terbesar di Indonesia. Berdasarkan kesenjangan tersebut menjadi pematik dan menggugah Fitri untuk melakukan suatu penelitian disertasi (doctoral) yang berjudul “Model Manajemen Kerja Sama SMK dengan Dunia Kerja.” Buka Fitri Nur Mahmudah dalam Ujian Terbuka Doktoral PPs UNY.

Penelitian yang dilakukan oleh Fitri ini bertujuan untuk memotret seperti apa model manajemen kerja sama saat ini dan sekaligus membuat terobosan baru, membuat model manajemen kerja sama yang diharapkan dan yang saling menguntungkan. Dengan metode penelitian kualitatif, dara kelahiran 1990 melakukan suatu yang baru dalam upaya untuk menganalisis data yang telah terkumpul. Yakni, dengan menggunakan alat (tool) Scientific Software ATLAS.ti. Notabene, aplikasi yang terintegrasi dalam program komputer tersebut baru rilis dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Akhirnya, penelitian tersebut menghasilkan sebuah model manajemen kerja sama SMK dengan Dunia Kerja yang saling menguntungkan.

Dosen UAD ini pun menjelaskan bahwa dengan menggunakan aplikasi ATLAS.ti. berkontribusi besar dalam penyusunan disertasinya. “dengan menggunakan Software ATLAS.ti.sangat membantu saya dalam menginterpretasi data, mulai dari pengkodingan, pengkategorisasian, pembuatan peta konsep, hingga menemukan model  dari penelitian saya.” Tuturnya ketika menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh penguji. Hal itu juga yang akhirnya mendorong Fitri untuk terjun sebagai tutor dalam pelatihan analisis data kualitatif menggunakan Scientific Software ATLAS.ti.

Fitri dinilai mampu menyajikan dan mempertanggungjawabkan hasil penelitian dengan baik dan meyakinkan dewan penguji yang terdiri dari Prof Dr. Edi Purwanta, M.Pd. (ketua penguji), Dr. Cepi S. Abdul Jabar, M.Pd. (Sekretaris Penguji), Prof. Dr. Husaini Usman (Penguji Utama), Prof. Dr. Aan Komariah (Penguji Utama), Prof. Slamet PH, PhD (Promotor), Prof. Djemari Mardapi, PhD. (Kopromotor). Oleh karena itu, berhak diyudisium sebagai doktor kependidikan dalam bidang Manajemen Pendidikan (MP). Fitri Nur Mahmudah merupakan doktor ke 510 di PPs UNY dan ke 25 pada Prodi MP. (marno/ant)