Kurikulum

Profil dan Kompetensi Lulusan

Profil lulusan S2 MP UNY adalah sebagai pengembang dan pengelola pendidikan yang bertakwa, dan profesional.

 

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

1. Sikap:

a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

b. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas sebagai profesional tata kelola pendidikan.

c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.

d. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.

f. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

g. Dapat menjadi Warga Masyarakat dunia yang peka terhadap isu-isu globel mengenai pendidikan dan turut dalam pembangunan global

2. Pengetahuan:

a. Mampu mengembangkan pengetahuan dan kiat-kiat manajemen pendidikan berbasis kearifan lokal.

b. Mampu mengembangkan teknologi dan seni dalam bidang manajemen pendidikan.

c. Mampu mengembangkan praktik profesional manajemen pendidikan.

d. Memiliki kemampuan menganalisis dan menyelesaikan permasalahan manajemen pendidikan dengan menggunakan berbagai teori yang relevan.

e. Mampu mengelola penelitian dan pengembangan manajemen pendidikan yang diakui secara nasional maupun internasional.

3. Keterampilan Umum:

a. Memiliki kemampuan mengembangkan ilmu dan seni manajemen pendidikan.

b. Memiliki kemampuan mengelola lembaga pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

c. Memiliki kemampuan sebagai penjaminan mutu bidang pendidikan

d. Memiliki kemampuan melaksanakan evaluasi program pendidikan.

e. Mampu memberikan jasa keahlian atau konsultansi pengelolaan pendidikan pada taraf nasional maupun internasional.

4. Keterampilan Khusus:

Memiliki kemampuan sebagai pengelola pendidikan berbasis IT

 

Proses Pembelajaran

Proses Pembelajaran di Program Studi S2 Manajemen Pendidikan menggunakan filosofi Konstruktivisme dan Pendekatan Student Center Learning dan blended learning. Beberapa Strategi/Pendekatan/Metode yang digunakan antara lain: perkuliahan mandiri terbimbing dan diskusi kelas, perkuliahan praktik lapangan (lingkungan dan sekolah), penugasan individu maupun kelompok, presentasi, kaji referensi, perkuliahan online, serta proyek.

 

Struktur Kurikulum